بسم الله الرحمن الر حيم
I.Silsilah keturunannya dan ciri fisiknya:
Beliau adalah Salman Al
Farisi Al-Ashbahani,dan beliau biasa dipanggil dengan Abu 'Abdillah.Beliau
digelari dengan sebutan Salman Al-Khair(Salman yang baik) dan beliau tidak
pernah mau memperkenalkan nama bapaknya .sehingga apabila beliau ditanya
,"putra siapakah engkau?"maka beliau akan menjawab ,"putra
Islam dari keturunan Adam
."sering dipanggil dengan kuniyahmya Abu Abdillah aslinya dari negeri
persi,salah satu pemimpin islam .
Berperawakan kukuh dan
bertenaga besar,tinggi,jangkung,daan berambut lebat.seorang yang disayangi dan
amat dihormati Rasulullah .
II.Awal mula keislamannya:.
Dalam perjalananya mencari agama tauhid ,terdapat kisah yang sangat
menarik karena didalamnya bisa menjadi nasehat dan pelajaran yang patut kita
renungkan.Dia menuturkan kisah keislamannya kepada Ibnu Abbas ,sebagaimana yang
ia kisahkan kepada beliau Rosulullah sebelumnya dimana ia berkaata ,"Aku
seorang lelaki Persi dari Ashbahan yang tinggal disebuah perkampungan yang
bernama "Jiy,"dan bapakku sebagai kepala kampung,aku termasuk anak
yang paling dicintai ,sehingga begitu cintanya kepadaku sampai aku dikurung di
rumahnya seperti mengurung budak perempuan dan ketika itu aku menganut agama Majusi
,sehingga aku mengabdi kepada api yang tidak pernah padam setiap hari,bapakku memiliki
ladang yang cukup luas sekali,sehingga dalam sehari penuh dia sibuk mengurusnya
.dan menyurhku untuk menengoknya lalu aku keluar dengan tujuan menjenguk ladang
.kemudian aku melewati sebuah gereja nasrani sehingga aku mendengar suara
mereka yang ada didalam, mereka sedang melakukan shalat dan aku tertarik dengan
ibadah mereka.
Sampai aku
berkaata,"demi Allah agama mereka lebih bagus dari agamaku", aku
tidak akan meninggalkan sampai terbenam matahari(aku meninggalkan perintah
ayahku dengan tidak mendatangi ladang)dan aku bertanya kepada mereka
,"dimana pusat agama ini?"mereka menjawab,"di negeri Syam
".setelah itu aku pulang menghadap ayahku(ia pusing mencariku) ,lalu aku bercerita akan agama yang dianut orang nasrani
sampai aku berdebat hingga akhirnya aku mendapatkan borgol yang merantai kedua
kakiku dan mengurungku dirumah .ketika aku berkesempatan bertmu dengan orang
nasrani maka aku katakan kepadanya untuk memberi informasi jika kafilah dagang
dari syam datang ,dan bila mereka telah selesai urusannya dan ingin kembali
kenegri mereka maka berilah aku informasi.dan izinkan untuk mengikutinya ……
Setelah sampai di negeri Syam ,maka aku bertanya siapakah orang yang
paling mulia dari penganut ini?"mereka menjawab:"Seorang uskup
digereja,lalu aku mendatanginya dan mengajukan untuk menjadi muridnya dan
bersedia patuh akan perintahnya ,aku belajar banyak daarinya dan dan mengerjakan
shalat bersamanya ,"lalu uskup mempersilakan aku untuk masuk dalam sebuah
ruangan dan ternyata apa yang aku kira Meleset bahwa ia seorang yang memiliki
perilaku buruk dimana dia menyuruh jamaah untuk bersedekah tapi ia menimbunnya untuk kebutuhannya dan tidak
diberikan kepada orang miskin ,melihat hal seperti itu aku merasa benci dan
muak akan perilakunya ketika dia dicabut nyawanya dan para kaumnya ingin
menguburkannya maka aku katakan kepada mereka:" Uskup ini orang yang jelek"
, mereka menanyakan kepadaku tentang hal itu(bukti kebenaran perkataanku),kemudian
aku menunjukkannya dan mereka mengeluarkan sebanyak 7 tempayan yang dipenuhi
oleh emas dan uang logam ,maka tatkala mereka melihatnya mereka berkata
,"demi Allah kami tidak akan menguburkannya untuk selamanya dan kemudian
mereka melempari batu ,setelah itu mereka memilih salah seorang diantara mereka
untuk ddijadikan pengganti uskup yang
mati tadi .lalu aku berguru kepadanya dan aku melihat padanya seorang yang
berbeda dengan keadaaan uskup yang pertama tadi,ia seoraang yang alim yang
selalu melakukanshalat sebanyak lima kali dalam sehari semalam ,lebih zuhud
,dan lebih mencintai akhirat dan aku tidak pernah menjumpai jamuan makan
darinya baik diwaktu malam dan diwaktu siang ,melihaat perilaku sang sholeh
tadi aku merasa simpaati kepadanya melebihi simpati dari orang yang pertama
.dan aku tinggal bersamanya dalam waktu yang cukup lama .ketika kematiannya
menjemputnya maka aku katakan kepadanya ,"wahai fulan aku sudah lama
tinggal bersamamu dalamwaktu yang lama ,sehingga aku mencintaimu melebihi
cintaku pada orang sebelummu ,sementara kematian mendatangimu ,maka kepada
siapakah engkau akan mewasiatkan diriku dan apa yang akan kamu perintahkan
kepadaku ?"lalu dddia menjawab ,"Wahai anakku,demi Allah aku tidak
tahu akan keadaan yang akan terjadi pada seseorang disuatu hari kelak ,yang
ketika itu zzaman mulai rusak dan orang orang ketika itu juga rusak ,dimana
mereka telah merubah dan meninggalkan sesuaatu yang menjasdi kewajiban bagi
mereka ,kecuali seorang shahabatku yang tinggal di al-maushul(kota dibawah
kekuasaan Byantuim yang terletak di asia
kecil)dimana dia tetap melakukan apa yang aku lakukan maka tenuilah ia .ketika
orang tersebut meninggal maka aku aku menemui orang yang tinggal di mashul…….
Setelah sampai di maushul aku menceritakan akan keadaanku dan wasiat
shahabat yang sebelumaku menemui orang yang berada di maushul dan aku
mengajukan diri untuk tinggal bersamanya dan ia menyetujuinya dan apa yang aku
lihat ia adalah seorang yang berperilaku sama orang berwasiat kepadaku dia
melakukan ibadah sampai ia didatangi oleh kematian yang menjemputnya ,dan aku meminta wasiatnya
sebagaimana akau meminta wasiat kepadanya dan akhirnya ia mewasiatkan untuk
menemui seseorang yang beradadiNasibin (kota yang terletak disebelah utara
iraq) . ketika orang tersebut meninggal
maka aku menemui orang yang di Nasibin….
Setelah sampai dinasibin aku berbuat seperti ketika aku Maushul,dan
ketika orang tersebut meninggal maka aku meminta wasiat dan dia mewasiatkan
kepadaku untuk menemui orang yang tinggal di Al-Umuriyah (negeri di Turki yang
berbatasan deengan Syuriah yang berhadapan dengan kota Al-Qamisyili )dan aku
tinggal dalam waktu lama ,dan ketika menjelang akhir hayatnya aku minta wasiat
kepadanya maka dia menjawab,"wahai anakku ,demi Allah tidak ada yang
mengetahui seorang pun yang melakukan
perbuatan seperti yang kita lakukan yang
harus kamu temui…
Namun demikian kamu telah dilindungi oleh zaman dimana seorang nabi telah
diutus dengan membawa agama Ibrahim ,yang akan keluar diutus ditanah Arab ,maka
pergilah kamu kedaerah yang terletak diantara dua bukit berbatu dimana diantara
dua bukit ada tumbuh pohon kurma dan dia memiliki tanda yanag sangat jelas yaitu:Dia mau
memakan harta hadiaha(pemberian )tetapi tidak mau memakan harta sedehah/zakat dan
Diantara kedua bahunya tertulis khatimun
nabawi(penuuup kenabian)jika kamu sanggup menemuainya maka
lakukanlah .Ketika orang itu meninggal aku tinggal di Umariyah sementara waktu sesuai dengan keinginanku .Pada suatu
hari ketika lewat dihadapanku para pedagang dari negeri Kiilab (sebuah kerajaan
kecil yang melepas kan diri dari kerajaan Yaman dan aku katakan kepada mereka
bawalah ke tanah Arab dan aku berikan kepadamu,sapiku yang ini dan kambing ku
ini ,"mereka menjawab :"ya, sehingga aku memberikan sapi dan kambingku
kepada mereka dan aku ikut bersama mereka .tetapi ketika mereka sampai dikemah
perkampungan ,mereka mendzalimi dan mengkhianati ku,dimana mereka menjualku kepada seorang dari golongan
yahudi .kemudian aku tinggal bersamanya dan aku melihat pohon kurma sehingga
aku berharap semoga negeri marupakan negeri yang digambarkan orang yang
meninggal .
Salman berkata :"ketika aku tinggal ditempat orang yahudi tadi
,maka datang puteranya pamannya dari Madinah dari bani Quraidhah ,dengan tujuan
mengambilku darinya ,sehingga aku dibawa pergi ke Madinah .demi Allah
aku tidak melihatnya selain keadaannya itu seper tiapa yang telah
digambarkan oleh shahabatku dimana sebenarnya aku tinggal didaerah dimana Allah
mengutus rasulNya yaitu kota Makkah,tetapi aku tidak pernah mendengarnya karena
sibuk dengan pekerjaaan sebagai seorang budak .selanjutnya aku dibawa ke Madinah
demi Allah ketika aku sedang memotong pelepah kurma milik tuanku dimana pekerjaan ini termasuk dari
sebagian pekerjaanku dan pada waku itu tuanku sedang duduk ,maka tiba-tiba
datang putra pamannya yang berdiri dihadapannya ,seraya berkata"celaka
demi Allah ,orang orsng sekarang sedang berkumpul diquba untuk menyambut
kedatangan seorang laki laki yang berbasal dari makkah yang akan mendatangi
mereka pada hari ini yang dianggap sebaagai nabi .Ketika aku mendengarnya ,maka
aku gemetar dan terasa panas dingin sehinggga aku mengira bahwa aku akan
terjatuh mengenai tuanku ,lalu aku Turun dari pohon kurma itu danaku memb
eranikan diri unuk beranya kepada pura pamannya ,apa yang anda katakan tadi
?maka tuanku marah sehingga dia menampar mulutku dengan kasar seraya berkata "apa urusanmu dengan hal
ini selesaikanlah pekerjaanmu "lalu aku menjawab ,"tidak ada apa apa
tuan,aku hanya ingin memastikan apa yang telah dikatakannya ,"setelah itu
aku mengumpulkan kurma dan pada keesokan harinya aku mengambilnya lalu pergi
mendatangi Rasulullah dimana pada waktu itu beliau berada di Quba ,lalu aku
menghampirinya seraya aku berkata padanya "aku telah mendeengar berita
bahwa engkau seorang lelaki yang shalih dimana besertamu ada beberapa shahabat
yang ikut merantau yang tentunya membutuhkan sesuatu .maka ini sesuatu yang aku
miliki sebagai sedekah /zakat karena aku menganggap bahwa kalian lebih berhak
di bandingkan orang oraang selain kalian kemudian aku menyerahkan kepada beliau
maka para shahabat dipanggil seraya bersabda "makanlah "sedang beliau
menahan tangannya dan tidak memakannya ,maka aku bertanya dalam hati ku,inilah
tanda yang pertama "
Setelah itu
aku pergi kehadapan beliau dan menngumpulkan sesuatu qurma ,tetapi Rasulullah
pindah ke madinah sehingga aku menyusulnya ke madinah ,sesampainya dihadapannya
aku berbkata "aku melihatmu tidak memakan makanan sedekah dan ini sebagai
hadiah pemberian /hadiah karena keinginanku untuk menghormati dan memuliakanku
.kemudian Rasulullah memakannya dan mengajak para shahabatnya untuk makan
bersama beliau maka ketika itu aku
berkata dalam hati "inilah tanda yang kedua".
Selanjutnya aku menngunjungi rasulullah(sedang berada di
pemakaman Baqi' untuk mengantarkan jenazah seorang shahabat).kemudian aku
mengucapkan salam kepada beliau dan aku melirik memperhatikan punggung beliau
,apakah aku dapat melihat tulisan "al-khatim annubuwah "sebagai mana
yang digambarkan oleh shahabatku ?ketika rasulullah melihatku maka aku puindah
kebelakang beliau, seraya memberitahuhkan kepada beliau bahwa aku ingin
memastikan apa yang telah digambarkan shahabatku maka beliau melepaskan
sorbannya dari punnggungnya sehingga aku melihat tulisan itu .setelah aku
meyakininya maka aku menjatuhkan diri dihadapan beliau sambil menangis kemudian
rasuluillah bersabda"bangunlah ,maka akupun bangun dan menceritakan
kisahku ini maka rasulullah sangat senang memperdengarkan kisahku itu kepada
shahabatnya .
Sementara jika Salman ditanya tentang
namanya maka dia menjawab," abdulloh", jika ditanya anak siapakah kamu, maka dia menjawab,"
anak islam". jika ditanya tentang harta bendanya, maka dia menjawab,"
kemiskinan" jika ditanya tentang
rumahnya,maka dia menjawab masjid jika ditanya tentang pakaiannya dia
menjawab," taqwa dan tawadhu'". jika ditanya
tentang mata pencahariannya ,dia menjawab," kesabaran" jika
ditanya tentang bantalnya maka dia mnjawab," berjaga pada
malam hari". jika ditanya
tentang kebanggaannya, "salman ternasuk golongan kami".
jika ditanya tentang tujuannya dia menjawab "wajahNya"
,jika ditanya keemana dia akan pergi ,maka dia akan menjawab ,"ke surga"jika
ditanya tentang penunjuk jalannya ,maka dia menjawab ,"pemimpin
manusia dan pemberi petunjuk bagi manusia"
IV.Perjalanan
hidupnya
Diantara perjalanan hidup antara shahabat satu dengan sahabat yang
lainnya mempunyai suatu kekhususan yang itu tidak dimiliki satu dengan yang
lainnya karena hormatnya terhadap Rasulullah.
A.Dia dianggap Rasulullah sebagai
Ahlu bait
Riwayat yang menjelaskan perjalanan hidupnya sanngat banyak
diantaranya sabda nabi"Salman bagi kami ahlu bait"
B.Seorang yangberlian dalam taktik perang
Ini
berkenaan dengan rencana beliau dalam perang Khandaq dialah yang mengusulkan
kepada Rasulullah untuk membuat parit di sekeliling kota madinah ,dimana setiap
10 orang di jadikan satu kelompok dengan jarak sekitar 40 hasta ,ketika itu erjadi
perselisihan antara kaum anshar dan muhajirin dalam memperebutkan Salman, kaum
muhajirin berkata ,"Salman bagian dari kami,:"kaum Anshar pun
berkata,"Salman bagian dari kami maka nabi bersabda "Salman bagi kami
sebagai ahlul bait "(HR Tabrani dan
Hakim ) Bukti lainnya sebagaimana sabda Nabi,"Pelopor itu ada 4 orang
yaitu aku pelopor orang Arab ,Shuhaib pelopor orang Rumm ,Salman pelopor orang
Persi ,Bilal pelopor orang Habashah".
C.Menjaga keadilan dan memperjuangkannya
Bukti ketiga
merupakan bukti yang sangat nyata sebagaimana yang tertera dalam riwayat
berikut ;bahwa Salman diutus kepada Umar dengan membawa pakaian untuk dibagikan
dimana masing orang mendapat satu pakaian kemudian Umar menaiki mimbar sambil
memegang beberapa pakian (dua pakaian dengan dengan warna yang sama )seraya
berkata ,"wahai manusia apakah kamu tidak mendengar ?"maka Salman berkata
,"kami tidak mendengar ,"lalu Umar bertanya ,"kenapa wahai Abu Abdillah
?"dia menjawab,"engkau membagikan kami masing masing satu pakaian
sementara engkau mengambil beberapa pakian ,"lalu Umar berkata
:"wahai abu abdillah ,janganlah engkau buru buru menuduh
."selanajutnyna umar berkata :"wahai abdullah dan tidak ada seorang
pun menjaawabnya .selanjujtnya umar berkata:"wahai abu abdillah ibnu umar
,maka dia menjawab,"aku, wahai amirul mu'minin ,"lalu beliau berkata ,"allah
telah mencarikan sebuah baju untukmu untuk kamu pakai ,apakah itu pakain yang ada padamu ?"umar
menjawab:"ya"benar .maka salman berkata :"sekarang kami
mendengar sikap ini menunjukkan oleh
oleh Salman dalam rangka menjaga keadilan dan memperjuangkan hal
semestinya .
Diriwayatkan oleh Hisyam bin Hisan dari Hasan :"tunjangan Salman
sebanyak 5000setahun ,gambaran kesederhanaannya ketika berpidato di hadapan 30000 ribu orang ,separuh bajunya yang
luar dijadikan alas duduk dan separoh
lagi dijadikan untuk mmenutupi auraat,jika tunjangannya keluar maka dibagi-bagikan sampai habis
sedang nafaqahnya dari hasil usaaha sendiri(kedua tangannya ).[1]
V.Mata
pencahariannya .
Dari Nu'man Humaid r.a.berkata:"Saya masuk bersama bibiku
kerumah Salman(diMadain)dan di dia bekerja denganmengumpulkan daun kurma lalu dijual
dan saya mendengar darinya ,dia berkata:"saya membeli daun kurma dengan satu
dirham ,maka saya mengerjakannya, kemudian menjualnya ,dengan harga tiga dirham
dan kemudian saya menyisakan satu dirham untuknya, satu dirham lagi
untukdikeluarkan Infaqnya dan satu dirham lagi aku simpan, walaupun Umar
binKhattab melarangku dari apa yang saya kerjakan."[2](ketika
itu Salman menjadi Amir di Madain pada masa khalifah Umar bin Khattab).
VI.Keutamaannya
Diantara keutamaan Salman disamping
ia sebagai seorang yang tidak pernah Absen dari majlis Rasulullah ,antara lain:
A.pelopor
islam dari negri persi
Seandainya agama itu berada pada bintang tsuraya (timur) niscaya Salman
yang akan mendapatkannya "hal ini mengingat kisah keislamannya di mana
untuk sampai kepada islam Salman harus membuat perjanjian dedngan tidak kurang
dari 13-19orang ,sehingga pada akhirnya ia sampai kehadapan islam dan dia
menganut agama islam dan merasa bahagia dengannya sehingga Rasulullah
menganggap sebagai pelopor orang persi tanpa ada pertentangan.
B.Mujahid
yang tidak pernah Absen dalam setiap peperangan
Dia turut serta dalam beberapa peperangan bersama Rasulullah selain
perang Badar dan Uhud ,karena ketika itu dia masih menjadi budak dan belum
merdeka.
C.Pemaaf.
Bahwa abu sufyan bin Harb datang kepadanya ,Shuhhaib dan Bilal dalam
suatu kelompok ,mereka berkata ,"pedang pedang Allah idak akan digunakan
untuk memenggal leher musuh Allah, karena hanya akan menodainya ,"maka Abu
Bakar berkata patutkah kalian mengatakan hal ini kepada pemimpin Quraisy? lalu
Abu Bakar datang kepada Nabi bercerita peristiwa tersebut maka nabi menjawab,":wahai abu bakar
engkau sangat membenci mereka maka seandainya engkau benci mereka niscaya
tuhanmu akan membencimu,maka keutamaan yang mana yang lebih besar bagi
seseorang antara kebencian Allah karena kebenciannya dengan keridhoan Allah
karena keridhoannya" kemudian Abu Bakar mendatangi mereka ,"wahai
shahabatku ,Apakah kalian marah kepadaku?"lalu mereka menjawab,"tidak
,Allah mengampuni atas kamu ,wahai saudaraku,".[3]
D.Pengikat tali persaudaraan dan menjaga
sifat malu
Merupakan keutamaan yang langka ,dimana beliau pergi bersama abu
darda'bermaksud mengikat persaudaraannya dalam suatu ikatan persaudaraan antara
kaum anshar dan muhajirin .keduanya pergi untuk melamar seorang wanita dari
bani Laits untuk Salman .Maka orang tuanya(si- wanita) berkata ,"adapun Salman
tidak akan kami nikahkan dengan putri kami sementara untuk kamu maka aku setuju,
,maka Abu Darda' menikahinya ,lalu Abu Darda' keluar seraya berkata kepada
Salman "Didalam ada sesuatu dan aku merasa malu menceritakannya kepadamu Lalu
Salman berkata "apa itu?"lalu Abu Darda' menceritakannya .maka Salman
berkata,"Aku lebih berhak untuk merasa malu denganmu ,di mana aku yang
melamarnya ,sementara Allah memutuskannya untukmu"[4]
VII.Kesempurnaan
jiwanya dan ketawaduannya.
Salman bukan hanya seorang yang alim semata, tetapi dia seorang yang
cerdik dimana ilmunya sangat luas dan mendalam .diantara kesaksian akannya dengan keilmuman salman yang luas dan
mendalam adalah sebagai berikut:
A.menguasai dua kitab.
Abu Hurairah berkata :"Salman itu orang
yang menguasai dua kitab "Qatadah berkata yaitu,"Injil dan Al-Qur'an
"
B.Dia
ibarat Lautan Ilmu.
Ali bin Abi Thalib mengucapkan,"ketika
ia ditanya tentang Salman yang ketika itu ia telah wafat" Salman itu
lautan yang tidak pernah kering dimana sebagaikami ahli bait, Ali bin abi thalib
menggelari Salman dengan gelar "Luqmanul Hakim"sebagaimana kesaksian
Rosulullah yang tertera dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Jahifah
yang di kemukakan oleh Bukhari seraya dia berkata "Rasulullah telah
mempersaudarakan antara Salman dan Abu Darda' dimana suatu ketika Salman
berkunjung kepada abu darda',dia melihat ibu
yang sedang bekerja keras maka Salman bertanya kepadanya,"apa yang
sedang ibu lakukan"dia menjawab,"saudaramu abu darda' itu sudah tidak
membutuhkan dunia ."selanjutnya abu jahifah berkata ,"ketika abu
darda' datang ,maka salman menyodorkan makanan ,seraya berkata,"makanlah
sehingga aku tidak akan memakannya sampai kamu memakannya terlebih
dahulu."lalu abu darda' memakannya .ketika malam tiba ,maka abu darda'
pergi mengerjakan shalah maka salman berkata kepadanya ,"tidurlah tidurlah
maka abu darda' tidur."ketika waktu penghujung malam tiba,maka Salman
berkata ,"sekarang mari kita bangun dan shalat bersama. iatinggal bersama
abudarda untuk beberapa hari laamanya sedangkan keebiasaan abu daarda' aaadalah
beribadah diwaktu malam dan shaum diwaktu siang .Salman melarangnya keterlaluan
dalam beribadah seperti itu ,pada suatu hari ia ingin mematahkan niat Abu Darda'
untuk shaum sunat esok hari .dia
menyalahkannya "apakah engkau akan melarangku untuk beribadah kepada allah
?maka jawab Salman "sesunguhnya kedua matamu ada hak atas dirimu ,demikian
pulaa atas keluargamu .diusamping engkau shaum ,maka berbukalah dan disamping engkau
melakukan shalat maka juga tidurlah!!....Peristiwa itu sampai ketelinga rasulullah
maka bersabda "sungguh Salman telah di penuhi dengan ilmu"[5]
Rasulullah sering memuji akan
kecerdasan dia sebagaiman ketika beliau memuji agamanya dan budipekertinya yang
luhur ,diwaktu perang Khandak yaang mana kaum Muhajirin dan kaum Anshar saling
berebutan dalam pembagian golongan .
Gambaran ketawaduan Salman sebagaimana dalam kisahnya bersama
pembantunya ,yaang beliau tidakmenyuruhnya melakukan dua pekerjaan sekaligus
.Begitu juga ketika datang ahlu syam dari bani taimillah dengan membawanya barang
,setelah ia sampai dimadain dan ia melihat seseorang (salman),laluorang itu
menyuruh untuk membawwa barangtersebut kepadanya (sedang ia tidak tahu kalau
yang disuruhitu adalah saalman )dan setelah ia tahu kalau yang ia suruh itu
adalah Ssalman ,makajawab Salman "saya sudah berniat ,tidaka saya letakkan
barangini sampai rumahku."[6]
VIII.Kezuhudan
Salman dan kewaraannya
A.Tidak pernah lepas dari majlis Rasulullah.
Sebagaimana yang diungkapkan ummu
Aisyah berkata ,:"salman telah mengalahkan kami dihadapan Rasuluollah
"riwayat ini dikemumakan oleh ibnu 'abdi albar kami meriwayatkan dari
ummul mu'minin Aisyah seraya berkata," Salman ini memiliki majlis
tersenderi dengan rasulullah dimana ia bersama beliau pada malam hari sehingga
kami hampir kalah dihadapan rasulullah "sehingga ia berkata"Sendainya
aku memiliki emas sebesar gunung Uhud niscaya kami tidak senang mengimpannya
selama tiga malam kecuali aku akan mengatakan begini dan begitu ….selain yang
aku persiapkann untuk agaama atau sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah
"
B.Zuhud
dalam Kepemimmpinan.
Salman Al-Farisi memberikan bantuan sebesar 5000 dimana beliau
menjadi amir yang membawahi 30000 kaum muslimin pada suatu hari dia berpidato
dihadapan orang orang yang orang dengan memakai mantel yang panjangnya dan
lebarnya dimana sebagiannnya dibentangkan dan sebagainya lagi dipakai maka
ketika itu dia membagikan hingga habis dan ia makan dari sisa yang menempel
ditangannya.
C.Kezuhudan
dia dalam makanan
Dari "athiyyah bin 'Amir,dia berkata :"saya melihat Salman
dia ketika dia agak kurang suka makanan yang dimakan ,seraya
berkata:"Cukup,cukup bagiku ,sesungguhnya saya mendengar Rasulullah
bersabda:"Sesungguhnya kebanyakan manusia itu kenyang terhadap dunia dan
mereka akan merasakan lapar yang berkepanjangan di Akhirat,Wahai
Salman,sesungguhnya dunia itu penjara bagi orang mu'min dan Jannah bagi orang
Kafir". [7]
Dari Salim pembantu Zaid bin shaukhani berkata;"ketika itu saya
bersama tuanku yaitu Zaid bin shaukhani di pasar ,maka ketika itu lewatlah
Salman dan dia membeli satu wasaq makanan ,maka Zaid berkaata:"wahai abu
Abdullah engkau mengerjakan ini ,sedangkan engkau shahabat Rasulullah ?maka
beliau menjawab:"إن النفس إذا احرزت
رزقها اطمانت ,وتفرغت للعبادة ,وايس منها الولوسة "dan dalam
riwaayt lain dari abi Ustman An-Nahdi ,bahwa Salman berkata:"إني لأ حب أن أكل من كد يدي"
C.Kewaraannya
Salman menjual daun kurma dengan ia kerjakan dengan tangannya
sendiri [8]dia
tidak pernah menyuruh budaknya untuk mekakukan 2 pekerjaansekaligus[9]
.
IX.Nasihat masihat dan kata hikmahnya
Ditujukan kepada Thalib Al-Abasi
,"Turunlah kamu ke sungai dan minumlah maka Thalib turun dam minum yang
kemudian beliau berkata kepadanya tambahlah minumnya ,maka kemudian ia menambah
,Salman bertanya kepadanya ,menurutmu berapa banyak air yang berkurang dari
sungai ?maka alabasimenjawab"barang kali tidak ada yandg kurang dari nya
,lalu salman berkata ,demikian juga dengan ilmu semakin diambil niscaya ilmu
itu tidak akan berkurang oleh karena itu selayaknya kamu memiliki ilmu karena
ia akan memberi manfaat bagimu.Ungkapan kepada hudzaifah ,"wahai bani Al Abas[10]
ilmu itu banyak dan umur itu seedikit maka ambillah ilmu yang kau butuhkan
untuk kebaikan agamamu dan tinggalkanlah selainnya .
Dari Abi Bukhtari yaitu menceritakan
ia ketika didatangi kedua orang yaitu Al-Ast bin qais dan jarir bin Abdullah ketika
mereka disuruh oleh abu darda'(berada diSyam)yang ketika itu Salman berada di
pinggir kota
madain(tempat berjaga) [11]
أي هدية أفضل من السلام تحية من عندالله مبارك طيب
Perumpamaan hati dan jasad itu
bagaikan orang yang buta dan orang yang lumpuh .dimana orang yang lumpuh
berkaata ,"aku melihat buah,tetapi aku tidak mampu berdiri untuk
memetiknya lalu aku makan dan menikmatinya ."yang dimaksud bahwa terkadang
hati dan jasad itu bersama sama melakukan kemamaksiatan sehingga keduanya
mendapaatkan siksa (ungkapan ini dalam riwayat al bukhturi)
Ketika dia sedang menengok orang
yang sakit di kindah bersama ayahnya
abdurrahman bin sa'id [12]
أبشر فإن مرض المؤمن يجعله الله
له كفا رة ومستعتباوإن مرض الفاجر كالبعير عقله (شده)أهله ثم أرسلوه فلا يد ري لم
عقل ولم أرسل..................إن الله يبتلى عبده المؤمن بالبلاء ثم يعافيه
,فيكون كفارة لما مضي فيستعتب فيما بقي وإن الله عز اسمه يبتلي عبده الفاجر با
لبلاء ثم يعا فيه , فيكون كالبعير عقله أهله ثم أطلقوه فلا يدري فيم عقلوه ولافيم
أطلقوه حين أطلقو
X.Kejadian-kejadian penting dalam kehidupannya.
Yaitu ketika dalam perang khandaq:[13]
1.Dia
orang yang cerdas, dalam musyawarah
membahas serangan kafir dalam perang khandaq, (hasil bahwa kaum muslimin akan
bertahan dan melawan mereka).
2.Dan untuk melakukan benteng pertahanan
maka ada usulan yang sangat luar biasa (belum ada taktik seperti ini kecali apa
yang diusulkan oleh sseorang yang ahli dalam perang dan beerpengalaman tentang
tehnik dan sarana perang yaitu reacana membuat parit.
3.Diwaktu penggalian parit ada suatu
kebesaran Allah lewat mu'jiat nabi yang memecahkan batu besar seraya bertakbir
(takbir pertama dinampakkan akan dikaruniai kunci kunci istana Persi ,dan yang
keduakalinya dinampakkan istana Ramawi yang akan dikuasai kaum muslimin )dan
keduanya telah dijanjikan bagi kaum muslimin
4.Salman adalah seorang yang mengajukan
usul pembuatan paritdan dialah penemu batu yang telah memancarkan rahasia yang
mengandung berita gembira .dan dia masih hidup ketika rahasia itu menjadi
kenyataan ,dilihat bahkan dialami dan dirasakannya sendiri
XI..Wafatnya
Asy Sa'bi telah meriwayatkan seraya berkata ,"Al Jazl
telah menceritakan kepadaku dari istrinya Salman yang bernama Baqirah[14]
seraya berkata,"ketika kematian itu mendatangi Salman maka beliau
memanggilku ketika itu beliau berada diatas loteng yang memiliki 4pintu seraya
berkata "wahai Baqirah bukalah pintu pintu ini ,karena pada hari ini aku
akan kedatangan para tamu sementara aku tidak tahu dari pinti mana ia akan
masuk dan mendatangiku "kemudian ia minta kasturi lalu menyuruhnya untuk
mencampur air dengan kasturi dan
istrinya melakukan.Kemudian beliau berkata "semprotkanlah disekitar tempat
tidurku "setelah itu beliau menyuruhnya untuk meninggalkan tempat tidurnya
dan meminta unntuk diam niscaya negkau akan melihatku meninggal diatas tempat tidurku
ketika ia melihatnya ,maka ruh beliau sudah diambil seakan-akan beliau tidur
diatas tempat tidurnya .
Orang yang ahli beramal dan beribadah berkata "Salman termasuk
orang yang panjang umurnya karena beliau termasuk orang yang menemukan wasiat
ajaran isa dan hidup selama 250th bahkan sebagian ulama'berpendapat lebih dari itu(ada
yang mengatakan 350 tahun) ,beliau wafat di kota mada'in kota bersejarah di
Irak yang terletak disebelah selatan baghdad )pada masa khalifah Utsman bin
Affan[15].Semoga
allah meridlio keduanyya dan keduanya pun ridha kepadaNya.semenjak ia bertemu Rasulullah
dan beriman kepadanya Salman hidup sebagai seorang merdeka sebagai pejuang yang
berbakti .ia mengalami kehidupan pada masa khallifah Abu Bakar ,kemudian Amirul
mu'minin Umar ibnu Khattab,lalu dimasa khalifah Utsman.Dikatakan dalam suatu
riwayat bahwa dinatara para shahabat yang wafat di zaman khalifah Ali bin Abi
thalib adalah Salman Al-Farisi .[16]salman
wafat sebelum khalifah ali [17]
REFERENSI :
ü Dr .Abdurrahman Rafaat
Al-Basaa,"kepahlawanan generasi shahabat
Rasulullah"II/
cet.14,maktaabah Ar-risalah,th.1996.صور
من حياة الصحاب) )
ü Khalid Muhammad Khalid,"Rijaalu khaula Arrasul"dalam
terjemahan"kaarakteristik 60
kehiduppan para shahabat rasulullah "cet.XVI/55-73,C.V.Diponegoro,Bandung.
ü Ibnu Qayyim Al-Jauziyah,dalam kitabnya "fawaidul Fawaid",terjemahanya
"mendulang faedah dari lautan ilmu"cet.V/224,pustaka Al-kautsar.فوائد الفوائد) )
ü Abu Bakar Jabir Al-
jazzaairi ,"al-ilmu wal 'ulama'dalam
terjemahannya ,hal.2254-271.,pustaka Azzam.
العلم والعلماء ) )
ü Shafiyurrahman Al Mubaaraq Furi,"ithaafi al-kiram"ta'liq dari
kitab "bulughul maram min adillati
al-ahkam"cet.ke-2 .Th.1997M/1417H."Maktabah
Darussalam".
ü Shafiyurrahman Al mubaaraq furi"ar-rakhikummahtuum"shirah
nabawiyah.
ü
Syah Muhammad Yusuf Al-Kandahlawi,""حياة
الصحا بةditahhqiq oleh syah Naayif Al_Abbaas dan mumammad
"ali Ad-daulah,juzII/cet.ke-IV,darul Qalam 1986M/1403H,Damascus .
ü
Al-Imam Al-Hafidz Jalaluddin Abdirrahman Bin Abi Bakr
As-Suyuthi ."تريح
الخلفاء"ditahqiq oleh Muhammad muhyiddin Abdul Hamid, Al Maktabah Al
Ashriyah, Bairut 1409 H / 1989 M.
والله أعلم باالصواب
Oleh :Muhammad
Khanif AA
[1] Di keluarkan oleh Abu Nuaim dari Hasan ,begitu juga dari ibnu
saad"Hayaatu Ash-shahabah"juz.293/II.
[3] Diriwayatkan muslim.dan dikeluarkan oleh abi Na'im dan Abdil Barr
dan 'Aidz bin Amru."Hayatus Shahabah"juz.II/hal.411
[4] Dikeluarkan oleh Abu Na'im dari Tsabit Al- Bunani,begitu juga
dikeluarkan Oleh Tabrani ,Haisyami berkata :"bahwa rijalnya Tsiqat ,tetapi
Tsabit belum pernah mendengar dari Salman dan Abu Darda'."Hayatus Shahabah
"juz.II/hal.674.
[5] Dikeluarkan Oleh Abu Nu'aim dari Abu Juhaifah ,dan ditambahkan dari
abu Ya'la ,turmidzi,Bazzar, ibnu Huzaimah , Darul Qudni ,Thabrani,Ibnu
Hibban,sebagaimana di"Fathul Bari"juz:IV/151,dan Abu Sai'd dengan
Lafadz berbeda."Hayatus Shahabah"juz.II/hal.692-693.
[7] Dikeluarkan Oleh Abu Naiim dari Abu Athiyyah ,begitu juga
dikeluarkanoleh 'Askari.Lihat"Hayatu Ash-Shahabah".II/293.
[8] Riwayat ibnu abdi bar dari ibnu abdil wahab dan ubnu nafi'dari
malik,dan dikeluarkan oleh Abi Said dari Nu'man Hamid ra.
[10] Barangkali yang dimaksud adalah thalib alabbasi sebagaimana yang
telah disebutkan tadi sehingga orang yang dituju beliau adalah hudzauifah (dari Thabrani dari salah seorang
Bani Abbas )"hayatus shahabah"juz.II/Hal.268.
[13] terjadi pada tahun ke 5Hyaitu antara kaum muslimin (3000) dengan
kaum quraisy(bergabung dengan kabilah yang beranggapan bahwa islam sebagai
lawan:yahudi,ghatfan )pasukan mereka berjumlah 10.000 dibawah pimpinan abu
sufyan dan uyainah bin hishn (di nukil dari tafsir ibnu katsir:III/620-621).Al-Ahzab:10
[15] Ada yang mengatakan bahwa beliau meninggal di kota Madinah pada tahun 50 hijriyah.(foot not
Bulughul Maram yang dita'liq oleh Syah
Mubarak furi) Halaman 34.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar